Firmware Nokia N93 Bahasa Indonesia

Review dan Firmware Nokia N93 Bahasa Indonesia

Februari 7, 2023 - 13:53
 0  4
Firmware Nokia N93 Bahasa Indonesia

Nokia N93 adalah tengara tidak hanya untuk perusahaan Finlandia, tetapi juga untuk seluruh industri, untuk sedikitnya. Itu karena membuka era fungsi perekaman video baru di handset seluler. Tentu saja, opsi untuk merekam video muncul jauh sebelum Nokia N93, praktis bersamaan dengan kamera bawaan. Namun seiring berjalannya waktu, kamera melewati penghalang VGA, lalu garis 1 Mp, dan sekarang bahkan 3 Mp sepertinya tidak aneh. Foto bagus yang diambil dengan ponsel modern tidak jauh berbeda dengan foto yang diambil dengan kamera point-and-shoot (kita berbicara tentang pengguna biasa, para profesional akan langsung membedakannya). Tapi bagaimana dengan videonya? Ini adalah langkah logis berikutnya, yang dibutuhkan oleh pengguna. Lensa yang layak, kartu flash yang dapat menyimpan beberapa gigabyte data - semuanya siap untuk masuk ke level video. Namun pabrikan sepertinya tidak terburu-buru. Misalnya,Sony Ericsson K790i/K800i adalah perangkat yang luar biasa, memotret foto 3 Mp dengan kualitas sangat baik. Tapi fungsi videonya masih dalam tahap awal: konyol 176x144, 10 frame per detik, Anda tidak mungkin menontonnya tanpa air mata. Situasi dengan model populer lainnya lebih baik, tetapi tidak cukup baik. Produsen kemungkinan besar enggan meningkatkan fungsi video karena kurangnya persaingan. Dan sekarang kami memiliki dasar untuk mengatakan bahwa pabrikan akan memulai balapan tidak hanya untuk megapiksel, tetapi juga untuk kualitas video. Mereka akan bermain tepat di tangan kita, konsumen. Tapi mari kita konsisten.




Hal pertama, kecuali desain clam-shell, yang menarik perhatian Anda adalah dimensi perangkat ini. Ponsel ini sangat besar dan berat: beratnya 180 g, dimensinya 118,2 x 55,5 x 28,2 mm. Namun Anda tidak perlu heran: ini adalah model pertama dengan fitur seperti itu, ditujukan untuk orang-orang yang hanya menghargai fungsinya.




Layar utama 240 x 320 mendukung 262144 warna, terlihat baik di bawah sinar matahari dan menawarkan sudut pandang yang sangat baik. Mereka penting untuk model ini karena mode telepon yang berbeda dengan posisi tampilan yang berbeda.




Ponsel dalam mode kamera

Layar diamankan pada engsel yang sangat menarik, yang menyediakan empat posisi: tertutup, terbuka penuh (tradisional untuk cangkang kerang), mode kamera (Anda harus memutar layar melalui sudut kanan) dan mode tampilan atau permainan (tampilan berada di dekat papan tombol). Kami akan menjelaskan mode ini nanti. Mari kita periksa eksteriornya terlebih dahulu.




Ponsel dalam mode tampilan (permainan)

Papan tombol dibagi menjadi dua bagian, yang masing-masing memiliki batas logam. Kelompok tombol digit di bawah ini. Semuanya jelas tentang mereka. Grup atas berisi joystick tombol logam (tidak ada joystick seperti itu — ada tombol di tengah, berbingkai empat arah), dengan empat tombol lunak di sekelilingnya (tombol standar Nokia). Di bawah ini adalah empat tombol fungsional (edit, menu, mulai cepat, hapus). Tata letak keypad dipikirkan dengan baik, sejumlah penekanan yang tidak disengaja pada joystick dijaga seminimal mungkin.

Spesifikasi lengkap Nokia N93

JARINGAN

Teknologi GSM/UMTS
pita 2G GSM900/1800/1900
pita 3G UMTS 2100
Kecepatan Ya, 384 kbps

RILIS

Diumumkan 2006, April
Status Dihentikan

BODY

Ukuran 118 x 55,5 x 28,2 mm, 133 cc (4,65 x 2,19 x 1,11 inci)
Berat 180 g (6,35 ons)
SIM SIM mini

TAMPILAN

Jenis TFT, 256 ribu warna
Ukuran 2,4 inci, 36 x 48 mm, 17,8 cm2 (~27,2% rasio layar-ke-bodi)
Resolusi 240 x 320 piksel, rasio 4:3 (~ kepadatan 167 ppi )
  Tampilan 65K warna kedua (128 x 36 piksel) Putar dan putar layar Tema yang dapat diunduh

PLATFORM

OS Symbian OS 9.1, S60 edisi ke-3
CPU 332 MHz Lengan Ganda 11
GPU Akselerator HW Grafik 3D

PENYIMPANAN

Slot kartu miniSD, termasuk 128 MB
Intern RAM 50 MB 64 MB

KAMERA UTAMA

Lajang 3,15 MP, zoom optik 3x, AF
Fitur Optik Carl Zeiss, lampu kilat LED
Video 480p@30fps

KAMERA SELFIE

Lajang Kamera panggilan video CIF

SUARA

Pengeras suara Ya
Jenis peringatan Getaran; Nada dering polifonik, MP3 yang dapat diunduh
colokan 3,5 mm TIDAK

KOMUNIKASI

WLAN Wifi 802.11b/g
Bluetooth 2.0
GPS TIDAK
Port inframerah Ya
Radio Radio FM stereo
USB 2.0

FITUR

Peramban WAP 2.0/xHTML, HTML
 
  • Pengunduhan video
  • Teknologi UPnP
  • Push to talk
  • Pemutar WMV/RV/MP4/3GP
  • Pemutar MP3/WMA/WAV/RA/AAC/M4A
  • Input teks prediktif
  • TV-out
  • Perintah suara/memo
  • Organizer
  • Pencetakan
  • Editor foto/video

BATERAI

Jenis Baterai Li-Po 1100 mAh yang dapat dilepas (BP-6M)
Bersiap Hingga 240 jam (2G) / 240 jam (3G)
Waktu bicara Hingga 5 jam (2G) / 3 jam 42 menit (3G)

ANEKA RAGAM

Warna Perak hitam
SAR 0,69 W/kg (kepala) 1,23 W/kg (badan)
SAR UE 0,54 W/kg (kepala)
Harga Sekitar Rp. 600.000

Ada ceruk khusus di bawah keypad untuk proyeksi di layar. Ini dimaksudkan untuk menghindari serangan balik dan melindungi attachment agar tidak pecah. Ada dua tombol lunak, digunakan dalam mode kamera dan tampilan, speaker, kamera sekunder untuk panggilan video, dan LED di atas layar.

Tampilan sekunder ada di sampul telepon - 1,1", 128 x 36, 65 536 warna, lampu latar. Dalam mode siaga, ini menampilkan waktu, tingkat sinyal, dan pengisian baterai. Saat telepon menerima panggilan, ini menampilkan nama atau nomor telepon orang yang menelepon Anda Ada speaker di bawah layar sekunder.




Di sisi kiri atas ada lensa, ditutup dengan penutup khusus. Harus disebutkan bahwa ini adalah solusi yang tidak nyaman dan tidak praktis: meskipun tutup ini dapat diikat ke lubang tali di bagian bawah perangkat, Anda harus terus-menerus membuka dan menutup lensa secara manual dan berisiko kehilangan tutup ini atau menderita. dari tali ekstra panjang telepon. Tentu saja, prosesnya menghasilkan gambar yang mencolok: putar layar ke mode kamera (ponsel dalam mode ini menyerupai camcorder rumahan), tekan kait pada penutup lensa Zeiss, lepaskan, dan mulai memotret — seluruh proses menghasilkan sebuah kesan. Tetapi solusi ini akan segera mengganggu Anda. Banyak pengguna kehilangan penutup ini atau dengan sengaja melepasnya selamanya — akibatnya, lensa tidak akan terlindungi. Mengapa Nokia tidak dapat merancang mekanisme geser?

Ponsel ini dilengkapi dengan lensa Carl Zeiss Vario-Tessar, jarak fokus - 4,5 mm (sudut lebar) /12,4 mm (tele), 34,25—94,1 mm (setara kamera 35mm), jarak pemfokusan – dari 10 cm hingga tak terhingga, jarak fokus makro – 30 cm (makro sudut lebar), rana mekanis - 1/2400~1/3 dtk. Sensor CMOS, 3,2 Mp (2048 x 1536).

Ada LED di bawah lensa untuk menerangi objek target, tidak ada xenon flash. Ada slot miniSD di bawah, yang mendukung hingga 2 GB. Bundel termasuk kartu 128 MB.



Download Firmware Nokia N93 Bahasa Indonesia :



Ada konektor di bawah untuk berbagai aksesori dan kabel data. Konektor pengisi daya ada di bagian bawah.

Mari kita periksa sisi kanan ponsel. Pelepas rana berlawanan dengan lensa. Secara tradisional, semi-tekan memfokuskan kamera, tekan penuh mengambil foto. Semi-tekan sama sekali tidak digunakan dalam mode video. Menekan setengah tombol ini dalam mode siaga akan mengaktifkan lampu latar di tampilan sekunder. Pers penuh mengalihkannya ke mode lain - untuk menampilkan tanggal dan hari kerja saat ini. Ada cincin zoom di sekitar lensa, yang juga merupakan elemen tradisional dalam kamera point-and-shoot serta camcorder rumahan.




Ada joystick sekunder di bawah: dalam mode kamera, tombol OK dan empat tombol arah di sekitarnya tidak berfungsi; Anda harus menggunakan joystick tambahan. Ini agak kecil, jari Anda cepat tegang dan sejumlah tekanan yang tidak disengaja agak tinggi; tetapi di tempat yang nyaman — Anda tidak perlu berbaring. Anda dapat menggunakan joystick sekunder dalam mode utama, tentu saja: mungkin lebih nyaman bagi sebagian pengguna.

Tombol mode kamera (foto atau video) dan tombol flash ditempatkan di bawah joystick. Yang terakhir sangat berguna — menyalakan senter, yang memiliki tiga mode: ketika Anda menekan tombol sekali, itu menyala selama dua detik; ketika Anda menekan dan menahannya, itu berfungsi selama Anda terus menekan tombol; tekan dua kali mengaktifkan senter selama beberapa menit (sekali tekan pada tombol akan mematikannya). Senter ada di samping, bukan di panel belakang, seperti di kebanyakan ponsel. Sehingga nyaman untuk memegang ponsel, saat Anda menggunakan flash.

Bagian atas hanya berisi satu tombol (itu keputusan yang tepat) untuk menghidupkan/mematikan telepon. Menekan sebentar tombol ini akan mengunci papan tombol, seluruh telepon, dan mengalihkan telepon ke profil lain.




Baterai dan slot kartu SIM terletak di bawah penutup baterai. Jika Anda menghapus yang terakhir, saat ponsel masih berfungsi, ponsel akan mati secara otomatis. Kait tidak menggores kartu SIM. Ponsel ini menggunakan baterai BP-6M, 970 mAh.




Sangat tidak nyaman untuk memegang telepon selama panggilan: lensa tidak memungkinkan untuk menekan telepon ke telinga Anda, dan telepon terlalu besar untuk menutupi wajah Anda. Akibatnya, ketika Anda berbicara melalui telepon, itu hanya menyentuh wajah Anda di dua titik: tonjolan pada layar (dekat speaker) menyentuh telinga Anda, dan rumah lensa menekan pipi Anda. Bukan perasaan yang sangat menyenangkan, meskipun Anda akan terbiasa. Untungnya, mikrofon ditempatkan di atas keypad, bukan di bawahnya, seperti kebanyakan model. Jadi kelemahan ergonomis tidak berpengaruh pada kualitas audio — Anda akan mendengarkan lawan bicara Anda dengan baik di sini dan sebaliknya.

Saat ditutup, ponsel diletakkan dengan stabil di atas meja, tidak ada tonjolan yang mengganggu, tidak bergoyang. Namun saat Anda membuka ponsel, tonjolan di dekat engsel membuat ponsel goyah - ponsel bergoyang saat Anda menekan tombol. Tetapi ada solusi untuk masalah ini: Jika Anda bekerja dengan ponsel tergeletak di atas meja, sebaiknya Anda membukanya dalam mode tampilan: ponsel akan diletakkan secara horizontal dan tetap stabil.

Menu dan Fungsi

Kami tidak akan menjelaskan setiap item menu kali ini (menu berisi total 24 item), Anda tidak akan menganggapnya menarik. Fungsi organiser, email, dan buku alamat berada pada level yang layak. Mereka memenuhi semua persyaratan modern. Selain itu, ponsel ini menawarkan beberapa fitur menarik yang akan kami ulas di sini.

Anda dapat menyambungkan ponsel ke perangkat TV: cukup colokkan kabel video Nokia CA-64U ke ponsel, pilih TV Out di menu, pilih standar (PAL NTSC) dan rasio aspek (4:3 atau 16:9) , maka gambar di layar juga akan ditampilkan di perangkat TV: Anda dapat menelusuri foto, video, dan bermain game di layar besar. Ini fungsi yang sangat berguna dan tepat waktu: ponsel lama tidak memerlukan fungsi ini; tetapi sekarang fitur video yang luar biasa mendapatkan keuntungan dari memutar ulang video Anda di layar besar.







Dari kiri ke kanan: tali Nokia CP-84, adaptor daya Nokia CA-44, headset Nokia HS-23, kabel data Nokia CA-53, kabel video Nokia CA-64U. Semua aksesori ini disertakan ke dalam bundel standar.

Ponsel ini memiliki tiga game 3D terinstal: Ular dan SRE. Yang pertama adalah permainan ular yang tidak biasa. Anda secara tradisional menelan berbagai bonus yang bertambah panjang. Tetapi Anda harus melakukannya dalam tiga dimensi, bukan dua dimensi tradisional. Level game dirancang dengan baik. Ular benar-benar membuat ketagihan.

Game SRE adalah singkatan dari System Rush Evolution. Itu hanya mendemonstrasikan fitur 3D ponsel, itu tidak dimaksudkan untuk beberapa jam bermain game. Anda menavigasi kapal luar angkasa di terowongan. Tujuan Anda adalah menangkap kapal luar angkasa yang melarikan diri, mengumpulkan bonus, dan menghindari serangan musuh. Ini adalah permainan indah yang dinamis.

Kami bingung dengan batas perekam suara: panjang maksimum hanya satu menit, yang tidak ada gunanya hari ini.

Kamera

Segera setelah Anda memutar layar ke posisi yang tepat, ponsel secara otomatis beralih ke mode kamera. Sebenarnya ada dua pilihan: foto dan video. Anda dapat beralih di antara mode ini dari menu atau menggunakan tombol yang sesuai di sisi kanan ponsel. Dibutuhkan 3-4 detik untuk mengambil bidikan pertama dari saat Anda memutar layar ke posisi kamera.

Mari kita mulai dengan foto. Ponsel ini memiliki enam mode foto: otomatis, pengguna, mode close-up, lanskap, malam, dan potret malam. Anda juga dapat mengatur white balance (otomatis, cerah, berawan, pijar, neon), eksposur (-2, -1, 0, 1, 2), dan skema warna (normal, sepia, hitam & putih, negatif). Ada empat tingkat kualitas gambar (3 MP, 2 Mp, 1,3 Mp, 0,3 Mp). Hampir tidak masuk akal untuk mengambil foto di bawah 3 Mp. Hanya jika Anda ingin menggunakan kartu flash Anda dengan hemat.

Tidak ada pemfokusan dalam mode makro, sehingga sebagian besar foto buram. Oleh karena itu rekomendasi untuk tidak menggunakannya sama sekali. Beralih saja ke mode kamera utama.

Dan sekarang mari kita lanjutkan ke pengaturan video. Jumlahnya jauh lebih sedikit: hanya dua mode kamera (otomatis dan malam), white balance, dan skema warna, seperti pada mode foto.

Tersedia lima tingkat kualitas video:

  • TV (tinggi) — Resolusi VGA (640x480), 30 bingkai per detik, kecepatan bit sekitar 3 Mbit/detik
  • TV (normal) — karakteristik yang sama, hanya 15 frame per detik, bitrate dua kali lebih rendah
  • Handset (tinggi) — Resolusi QVGA (320x240), 30 bingkai per detik, kecepatan bit 750 Kbit/detik
  • Handset (normal) — 15 bingkai per detik, 450 Kbit/dtk
  • Berbagi — 176x144, 15 bingkai per detik, sekitar 90 Kbit/detik, panjang video dibatasi hingga 33 detik.

Anda sebaiknya menghindari menggunakan mode normal (15 fps), Anda akan mendapatkan lugs yang buruk saat pemutaran. Berbagi dimaksudkan untuk mengirim video dari handset seluler (misalnya, melalui MMS), praktis tidak ada gunanya menontonnya di layar besar. Tapi Handset (tinggi) bisa berguna karena ukuran videonya yang ringkas (empat kali lebih kecil). Ini akan menjadi penghemat nyata bagi orang-orang dengan kartu miniSD berkapasitas rendah. Selain itu, ini menawarkan kualitas video yang bagus (namun kami harus mencatat lug sesekali saat merekam dengan kualitas maksimal, terutama saat gambar tiba-tiba berubah — prosesor tampaknya tidak mengatasi penyandian video. Namun kami belum melihat masalah seperti itu di Handset (tinggi) mode).

Sebaiknya Anda membeli kartu memori dengan kapasitas maksimal — 2 GB. Faktanya adalah, telepon tidak terlalu memampatkan video (pengkodean membutuhkan sumber daya pemrosesan yang besar, masih tidak cukup di telepon, terutama karena video harus dikodekan secara real time). Kecepatan bit video sekitar 3 Mbit/detik, artinya satu menit video membutuhkan sekitar 20 MB. Kami dapat memperkirakan bahwa memori 50 MB tidak akan cukup bahkan untuk dua menit video, dan kartu memori yang disertakan (128 MB) cukup untuk enam menit. Tetapi jika Anda membeli kartu dengan kapasitas maksimal,

Telepon merekam audio dalam mode stereo. Selain itu, mikrofon tidak berdekatan satu sama lain, tetapi di sisi lensa yang berlawanan (di bawahnya), sehingga dukungan stereo diterapkan dengan baik. Anda dapat menggunakan zoom optik 3x, saat merekam video. Tapi karena mikrofon ditempatkan dekat dengan lensa, semua gerakannya agak keras. Klik ini tidak akan memberikan kesan yang baik selama pemutaran, terutama jika video direkam di ruangan yang sunyi, ketika mikrofon menjadi lebih sensitif. Dan jangan lupa bahwa semakin dekat objeknya, semakin kuat efek jabat tangan Anda pada gambar. Jadi cobalah untuk menghindari zoom, jika memungkinkan.

Jangan lupa bahwa akan memakan banyak waktu untuk mentransfer file video melalui Bluetooth, jadi Anda harus menghubungkan ponsel ke komputer dengan kabel atau menggunakan pembaca kartu.