Firmware Nokia N91 Bahasa Indonesia

Review dan Firmware Nokia N91 Bahasa Indonesia

Februari 6, 2023 - 15:05
Februari 6, 2023 - 15:25
 0  5
Firmware Nokia N91 Bahasa Indonesia

Pikiran pertama Anda saat memegang N91, atau melihatnya di etalase toko kemungkinan besar adalah tentang ukuran dan tampilan umumnya. Dengan seluruh fasia krom perak, N91 lebih gemuk di bagian atas daripada di bagian bawah, memberikan tampilan yang menonjol, meskipun hal ini tidak berdampak negatif pada rasanya di tangan.

Dengan tinggi 113 mm, lebar 55 mm, dan kedalaman 22 mm, N91 jauh lebih besar daripada banyak ponsel, dan sebenarnya menyaingi SPV M600 Orange untuk ukuran keseluruhan. Sepertiga bagian bawah casing diambil dengan serangkaian pengontrol untuk pemutaran musik, dan Anda perlu menggesernya ke bawah untuk sampai ke tombol angka. Saat Anda melakukan ini, handset tumbuh hingga setinggi 140mm.

Kabar baiknya adalah Anda dapat melakukan banyak hal tanpa perlu menggunakan penggeser, dan saat Anda membutuhkan papan angka, tombol lebar kecilnya diangkat dengan baik dari sekelilingnya, responsif, dan sangat mudah dipukul.

Fasia depan itu adalah salah satu dari beberapa aspek perangkat lunak dan perangkat keras yang dirancang untuk menekankan musikalitas handset ini: Nokia tampaknya telah memenuhi dasar dan pemikiran kebutuhan pengguna dengan baik.

Pintasan pada fascia dibuat secara efektif sebagai tombol navigasi besar, dan melakukan apa yang Anda inginkan (putar/jeda, mundur, maju, berhenti) sangatlah mudah. Tombol berbentuk permen di tengah bertindak sebagai jalan pintas ke perangkat lunak pemutar musik. Di tepi atas N91 terdapat penggeser yang mengunci dan membuka kunci semua tombol.

Spesifikasi lengkap Nokia N91

JARINGAN

Teknologi GSM/UMTS
pita 2G GSM900/1800/1900
pita 3G UMTS 2100
Kecepatan Ya, 384 kbps

RILIS

Diumumkan 2005, K2
Status Dihentikan

BODY

Ukuran 113,1 x 55,2 x 22 mm (4,45 x 2,17 x 0,87 inci)
Berat 164 g (5,78 ons)
SIM SIM mini

TAMPILAN

Jenis TFT, 256 ribu warna
Ukuran 2,1 inci, 35 x 41 mm, 14,0 cm2 (~22,5% rasio layar-ke-bodi)
Resolusi 176 x 208 piksel (~ kepadatan 130 ppi )
  Tombol navigasi 5 arah yang dapat dikonfigurasi

PLATFORM

OS Symbian 9.1, Seri 60 UI Edisi ke-3
CPU 220 MHz Dual ARM 9

PENYIMPANAN

Slot kartu TIDAK
Intern 4GB/8GB

KAMERA UTAMA

Single 2 MP
Video Ya

KAMERA SELFIE

TIDAK

SUARA

Pengeras suara Ya
Jenis peringatan Getaran; Nada dering polifonik, MP3 yang dapat diunduh
colokan 3,5mm Ya

KOMUNIKASI

WLAN Wifi 802.11b/g
Bluetooth 1.2 (hanya versi A2DP - 8 GB)
GPS TIDAK
Radio Radio FM stereo
USB miniUSB 2.0

FITUR

Peramban WAP 2.0/xHTML, HTML
  Input teks prediktif Panggil suara Memo suara Penyelenggara

BATERAI

Jenis Baterai Li-Ion 900 mAh yang dapat dilepas (BL-5C)
Bersiap Hingga 190 jam (2G) / 170 jam (3G)
Waktu bicara Hingga 4 jam (2G) / 3 jam (3G)
Bermain musik Hingga 10 jam

ANEKA RAGAM

Warna Chrome Biru Muda, Chrome Abu-abu Tua, Hitam (Edisi Musik)
SAR 0,74 W/kg (kepala) 0,58 W/kg (badan)
SAR UE 0,48 W/kg (kepala)
Harga Sekitar 257,6 USD

Ada tiga cara untuk menghubungkan N91 ke PC untuk transfer file. Ini adalah handset Seri 60 (benar-benar menjalankan perangkat lunak Symbian edisi ketiga terbaru), dan memiliki perangkat lunak kontak, buku harian, dan daftar tugas bawaan yang dapat disinkronkan menggunakan PC Suite Nokia.

Jika Anda ingin menyinkronkan musik maka Anda dapat memilih mode 'Pemutar Media', dan N91 akan muncul sebagai perangkat yang dapat Anda sinkronkan dengan Windows Media Player 10. Jika Anda tidak merasakan ketertarikan apa pun terhadap Windows Media Player 10, atau sebenarnya tidak ingin menyinkronkan musik, maka Anda cukup memperlakukan N91 sebagai perangkat penyimpanan massal dan menarik dan melepaskan atau menyalin file dari hard drive Anda.

Ketiga jenis koneksi dibuat menggunakan kabel USB yang disediakan, yang alhamdulillah bukan milik handset, tetapi mini USB. Anda cukup memilih metode koneksi pilihan Anda dari daftar yang muncul saat Anda membuat tautan.

Ada lebih banyak kabar baik terkait pemutaran musik dan headset. Nokia menyediakan headset dua bagian. Di ujung handset port 3.5mm digunakan untuk menghubungkan bagian dengan kontrol inline dan mikrofon panggilan suara. Konektor 3,5 mm dari ini menuju ke earbud yang disediakan. Ini berarti Anda dapat mengganti kaleng Anda sendiri dengan yang disediakan Nokia dan tetap, jika Anda mau, memiliki kontrol inline. Namun, ada 'tetapi'. Anda perlu menggunakan headset Nokia untuk mendengarkan radio FM internal karena antena terletak di dalamnya. Ini mendukung Visual Radio.

Anda tidak mendapatkan pemutaran stereo dari speaker handset itu sendiri, yang mungkin agak mengganggu bagi sebagian orang. Tapi ada banyak volume dan saya merasa baik untuk mendengarkan dengan handset duduk di atas meja. Faktanya, saat memutar musik terus menerus untuk melihat berapa lama baterai dapat bertahan, saya harus memasukkan N91 ke dalam laci untuk meredamnya saat menggunakan telepon (lainnya) – sekeras itu!

Selama pengujian baterai, saya menyetel waktu hemat daya ke maksimum yang tersedia yaitu 30 menit, waktu mati lampu ke maksimum yang tersedia yaitu 60 detik, kecerahan layar ke tertinggi yang tersedia dan volume pemutar musik pada tertinggi. Pemutaran dilakukan melalui pengeras suara. Baterai menghasilkan musik delapan jam dan 12 menit yang cukup bagus. Nokia menyarankan Anda untuk mendapatkan sepuluh jam pemutaran, dan Anda harus dapat mencapai ini atau mendekatinya dengan menggunakan pengaturan hemat daya dan waktu habis lampu yang berbeda.

  • MenampilkanTampilan utama: TFT 256k warna 176 x 208 px (2.10″) 130 ppi
  • ProsesorProsesor: ARM9 220 MHz
  • Memori internalMemori internal: 4 GB
  • RAMRAM: 64 MB
  • BateraiBaterai: Li-Ion 900 mAh
  • KameraKamera: 2 Mpx, 1600x1200 px


Download Firmware Nokia N91 Bahasa Indonesia :



Pemutaran musik berhenti saat Anda menerima panggilan suara di N91, dan mulai lagi dari posisi terakhir saat Anda menutup telepon. Banyak format file yang didukung, di antaranya AAC, MP3, WAV dan WMA. Ada dukungan DRM jika Anda menyukai hal semacam itu. Secara keseluruhan, saya cukup senang dengan cara Nokia memikirkan, dan kemudian melayani, kebutuhan pendengar musik. Tak satu pun dari apa yang telah dilakukan adalah ilmu roket, tetapi semuanya membantu kemudahan penggunaan.

N91 adalah handset 3G tri-band, dan salah satu fitur yang mungkin mengganggu sebagian orang adalah tidak adanya kamera menghadap ke depan untuk melakukan panggilan video. Sangat tidak biasa melihat Wi-Fi di handset, tetapi ada di sini, dan ini adalah standar 802.11g yang lebih cepat. Menggunakannya mudah. Saat Anda membuat sambungan, misalnya untuk menggunakan browser Web, Anda akan diminta untuk memilih jalur akses. Ini bisa melalui SIM Anda atau router WLAN. Kemungkinan besar Anda akan menggunakan LAN untuk menjelajah Internet. Anda tidak dapat menyinkronkan, berbagi file, atau streaming melalui WLAN.

Peramban Web mengecewakan. Itu tidak memaksa halaman ke dalam lebar layar, jadi sering ada banyak pengguliran horizontal yang harus dilakukan. Saya tahu bahwa halaman Web tidak dirancang untuk layar 176 x 208 piksel, tetapi di sisi lain, pengguliran horizontal pada layar kecil, secara halus, merupakan gangguan. Peramban menebus dirinya sendiri dengan menawarkan tampilan miniatur dari seluruh halaman Web dan memungkinkan Anda memilih area untuk memperbesar, yang membuat navigasi umum sedikit lebih mudah, dan dengan menawarkan kursor mini yang memudahkan penentuan tautan.

Kamera adalah pekerjaan dua Megapiksel, dan, sangat tidak biasa, tidak memiliki tombol pintasan berbasis perangkat keras. Untuk membuatnya bergulir, Anda harus memilihnya dari area menu utama – yang Anda dapatkan dari tombol samping khusus. Setelah itu menu lembut dan joystick mini yang berada di bawah layar memberikan semua kontrol yang diperlukan. Joystick mini dibuat dengan baik dan kokoh.

Perangkat lunak bawaan lainnya selain yang telah disebutkan termasuk perekam suara, pemutar Flash, Real Player, klien IM Nokia, Push to Talk, jam alarm, alat catatan teks, dan perangkat lunak LifeBlog Nokia. Siaga Aktif menampilkan ikon kecil untuk enam aplikasi terakhir yang Anda buka serta entri kalender. Bluetooth, hampir tidak perlu dikatakan lagi, juga ada di sini.