Sejarah OS Symbian

Seklias Sejarah perjalanan OS Symbian

Januari 13, 2023 - 20:33
 0  5
Sejarah OS Symbian

Jika di masa kecil saya Simba adalah nama raja hutan, di masa muda saya itu milik kerajaan smartphone. Itulah judul gaul Symbian OS yang saya anggap sebagai kampung halaman ponsel pintar.

Banyak orang yang masih percaya bahwa kiamat tidak terjadi di tahun 2012. Bukankah penutupan OS ini seharusnya menjadi akhir dari dunia yang luas? Dunia yang dikagumi penggemar elektronik selama satu generasi. Bagaimanapun, itu adalah sistem operasi pertama yang sukses untuk ponsel. Di sini perangkat lunak berkualitas dipadukan secara harmonis dengan dukungan platform N-Gage yang legendaris .

Pada paruh pertama tahun 2000-an, mesin-mesin ini jauh lebih maju dari zamannya. Dan merekalah yang meletakkan fondasi paling kuat untuk generasi besi saat ini, di mana perdebatan tentang siapa yang lebih baik – iOS atau Android – terus berlanjut.

Jadi tidak peduli bagaimana industri smartphone berkembang saat ini, kita harus menghargai waktu dan perangkat yang menjadi tren dalam mempopulerkan industri tersebut. Lagi pula, jika gadget ini tidak berhasil merebut simpati pengguna, kemungkinan besar saat ini bidang ini tidak berkembang secepat sebenarnya. Dan itu berarti kita, para penggemar elektronik seluler, akan berada dalam situasi yang lebih buruk.

Tapi semuanya ternyata bagus. Perubahan nasib ini paling tidak disebabkan oleh pahlawan materi saya hari ini. Di "Electronic Jungle of the Zeros", ada banyak tarian rebana untuk "Hakuna Matata" seperti di kartun itu sendiri. Misalnya, saat Anda memasang game untuk N-Gage di Nokia 6630 .

Atau saat Anda mengunduh aplikasi ini (yang terkadang berbobot 50 megabyte) melalui Internet seluler yang mahal dengan kecepatan 5 kilobyte per detik. Ya, seperti itulah hubungan yang Anda rasakan di tahun 2000-an.

Sebagai ucapan terakhir untuk menggambarkan penderitaan dengan rasa bangga ini (karena bermain di hal baru game seluler yang canggih), saya perhatikan bahwa cukup sering setelah satu jam mengunduh, Anda dapat melihat pesan berikut: … “koneksi terputus.”

Belum pernah sebelumnya dalam hidup saya, saya ingin menghancurkan dunia, membual kepada tetangga saya tentang "kosa kata" saya yang kaya, menelepon operator untuk pengembalian uang, dan… tidur pada waktu yang sama. Karena pada malam hari, koneksi selalu tercepat.

Tapi hal pertama yang pertama, teman. Jadi tenangkan diri Anda dan siapkan beberapa barang karena cerita tentang OS seluler terbaik tahun 2000-an (dan favorit saya sepanjang masa), Symbian, akan segera dimulai!


Prasejarah

Di masa nol, Simba menjadi mesin utama kemajuan pasar smartphone. Ini meningkatkan standar karakteristik teknis perangkat dan kualitas penggunaannya dari tahun ke tahun. Tidak kalah pentingnya, berkat upayanya, banyak negara menerapkan jaringan UMTS di titik nol.

Secara umum, peran perusahaan dalam dunia telepon pintar sulit ditaksir terlalu tinggi karena seperti Microsoft di bidang komputer. Dan akan lebih baik jika orang Amerika pada awal dekade berikutnya tidak menyentuh kreasi pahlawan kita.

Jika kita menggali fakta yang membosankan, kita harus menyatakan bahwa Symbian bukanlah sistem operasi pertama untuk ponsel. Itu adalah ROM-DOS yang diinstal pada perangkat IBM Simon, yang dirilis pada tahun 1994. Sayangnya, itu tidak terlalu berhasil.

Kemudian pada tahun 1996, dunia melihat Nokia 9000, komunikator pertama dari Finlandia. Tapi itu juga bekerja pada OS lain yang disebut GEOS. Itu adalah sistem operasi sumber tertutup, yang merupakan kerugian utamanya. Dengan kata lain, tidak mungkin menginstal aplikasi pihak ketiga di sana. Dalam segala hal lainnya, Nokia 9000 tidak kalah dengan PDA (yang tidak bisa melakukan panggilan) pada masanya.

Setelah menganalisis reaksi pasar terhadap produk yang dirilis, Nokia memutuskan untuk mulai mengerjakan sistem operasinya sendiri. Pembuat OS Symbian memiliki lautan peluang: tidak ada persaingan dan kemungkinan untuk mengembangkan inovasi yang menjanjikan.

Dan, tentu saja, kedekatan milenium baru tampaknya mengisyaratkan bahwa ini adalah waktu untuk sesuatu yang unik. Itulah yang saya sebut momen yang menginspirasi!


 Era Masa-masa Sulit

Pada tahun 1998 terjadi momen kritis yang benar-benar mengubah dunia seluler pada pergantian abad. Produsen ponsel terkemuka (termasuk Nokia , Motorola , dan Ericsson ), bekerja sama dengan Psion (pendiri Epoc OS dan produsen PDA), membentuk perusahaan Symbian.

Penting untuk dicatat bahwa Epoc OS adalah dasar yang mereka coba kembangkan selama dua tahun ke depan. Artinya, gelar Symbian tidak diberikan kepada sistem operasi tersebut tetapi hanya kepada perusahaan yang bekerja untuk meningkatkan Epoc OS. Hanya ada 150 orang di kantor pertamanya.

Saya akan membuat komentar terpisah untuk menceritakan tentang perusahaan misterius dari Inggris, Psion. Teman-teman, mungkin sebagian besar dari Anda baru pertama kali mendengar nama ini hari ini. Tidaklah aneh karena Motorola telah mengambil alih orang Inggris, dan stafnya semakin menipis akhir-akhir ini.

Pada tahun 1998, mereka adalah perusahaan ambisius yang telah menempuh jalan sulit di bidang teknologi komputer. Pada awalnya, pada paruh pertama tahun 1980-an, mereka biasa membuat perangkat lunak. Kemudian Psion mulai membuat PDA dan membuat sistem operasinya secara bersamaan.

Pada awal 1990-an, mereka juga mencoba peruntungan di pasar laptop namun gagal. Jadi di tahun-tahun terakhir abad ke-20, Psion bekerja di dua front, produksi PDA, dan dukungan Epoc OS.

Karena masalah keuangan, perusahaan memutuskan untuk melisensikan sistem untuk digunakan oleh pihak ketiga. Nokia, Motorola, dan Ericsson muncul di cakrawala. Kemudian mereka bergabung dengan Panasonic (1999), Sony dengan Sanyo (2000), Fujitsu (2001), dan Samsung (2002). Korea juga menjadi co-pemilik Symbian pada tahun 2003.


Eksperimen Pertama

Seperti yang saya katakan sebelumnya, dalam dua tahun awal sejarahnya, Symbian mengembangkan sistem operasi Epoc 32-bit. Maka, pada tahun 2000, Ericsson R380 dirilis, buah cinta bersama pertama dari upaya intelektual para spesialisnya.

Ini juga merupakan perangkat pertama yang secara resmi diberi nama "smartphone". Penampilan gadget sangat mempesona. Saat ditutup, itu adalah monoblok biasa, tetapi ada layar sentuh besar di bawah penutup keyboard berengsel.

Ya, itu hitam putih dan dengan resolusi 120×360 piksel. Namun, teman-teman, jika Anda pernah berjalan dengan perangkat seperti itu di jalanan pada tahun 2000, Anda segera menyadari betapa rendahnya reaksi orang sekarang terhadap flagships terbaru dunia smartphone.

Onboard ada 2 MB RAM dan memori flash dua kali lebih banyak. Mesin itu menjalankan OC ER5u (seperti yang saya baca saat masih remaja di sebuah majalah), yang juga disebut Symbian v5.1 oleh sebagian orang. Meskipun OSnya sendiri terbuka, pengguna Ericsson R380 tidak dapat menginstal aplikasi pihak ketiga secara langsung di dalamnya.



Selamat datang di OS Symbian!



Pada tahun 2001, perusahaan mengumumkan dirinya dengan lantang. Ini merilis OS Symbian. Selama sepuluh tahun ke depan, itu akan menjadi pemain utama di pasar perangkat pintar. Awalnya, dasar untuk menulis aplikasi adalah C++, yang merupakan bahasa pemrograman paling fungsional saat itu.

Plus, OS Symbian multibahasa dan multiformat menjadi lebih menarik bagi pengembang dan produsen. Tidak ada batasan pada resolusi/jenis layar, ada tidaknya keyboard. Dan prosesor ARM dipilih sebagai platform dasar. Mereka adalah yang terbaik dalam rasio harga/kinerja/konsumsi daya pada saat itu.

Semua ini akan memungkinkan pembuatan perangkat dengan desain unik dan perangkat keras yang andal. Banyaknya variasi tampilan gadget cukup mengejutkan imajinasi.



Versi Sistem Operasi



Dunia melihat total 11 versi OS ini. Banyak yang telah berubah selama ini, tetapi satu hal tetap tidak berubah: perangkat Symbian menguasai pasar smartphone. Pemerintahan ini berlangsung hingga akhir tahun 2000-an.



Awal Sistem Operasi Sumber (Source) Tertutup



Mungkin bahkan tidak semua penggemar berat Simba mengetahui versi yang akan saya sajikan di bawah ini. Namun, masuk akal untuk mengasumsikan bahwa OS memiliki nomor setelah namanya karena suatu alasan. Dan yang pertama bukanlah Simba ke-6, misalnya.

Seperti yang saya katakan di atas, judul sistem operasinya adalah EPOC32. Versi ke-5 adalah satu-satunya yang memiliki dua nama sekaligus:

  1. Rilis EPOC32 5.
  2. Symbian OS v5.
Versi: kapan Tanggal rilis Deskripsi Singkat Perwakilan
1 04/1997 Memulai versi sistem operasi baru dengan serangkaian perangkat lunak perkantoran. Psion  Seri 5 1.00 ROM
2 07/1997 Pengembang memperbaiki beberapa bug. Perusahaan menambahkan aplikasi EasyFax dan merilis paket komunikasi EPOC Connect PC.  Seri Psion 5 1.01 ROM
PsiWin  2.0
3 11/1997 Menambahkan dukungan akses jarak jauh dan TCP/IP. Juga muncul aplikasi WEB dan Email. Sinergi Geofox  One
PCC 
4 06/1998 Ini adalah rilis in-house tertutup. Di antara fitur-fitur baru: EPOC Connect CopyAnywhere (pertukaran data melalui Clipboard), dukungan Email dengan lampiran file, pra-rilis mesin Java, dan peningkatan lain yang kurang signifikan. Message  Suite 1.5
PsiWin  2.2
Oregon Scientific  Osaris
5/5u
(juga disebut Symbian OS v5)
06/1999 Di sini kita melihat versi EPOC 32 yang ditingkatkan dengan layar warna dan dukungan Java, plus di sini ada peningkatan koneksi dengan perangkat lain. Psion:  Seri 5mx, Seri 7, NetBook, Revo/Revo+
Ericsson  R380 Smartphone (5u) 
Ericsson Mobile Companion  MC-218


OS Symbian 6.0 – 6.1



Versi pertama dengan satu-satunya nama yang menyertakan Symbian di judulnya adalah 6.0. Dan pelopor di antara perangkat yang menjalankannya adalah Nokia 9210. Untuk memberi Anda gambaran tentang keterjangkauannya bagi pengguna rata-rata, pada tahun 2007-2015, memiliki iPhone terbaru hampir sepuluh kali lebih murah daripada perangkat ini pada tahun 2001. Baca artikel sampai akhir, dan Anda akan mengetahui bagaimana saya mendapatkan angka-angka ini

Di versi 6.1, dukungan GPRS dan Bluetooth sudah muncul. Menariknya, smartphone berbasis Symbian Nokia pertama adalah Nokia 7650 yang dibekali OS versi ini. Nuansa ini karena Nokia 9210 dianggap sebagai komunikator. Dan di nol, konsep "smartphone" dan "komunikator" pada dasarnya dibagi ke dalam kategori yang berbeda.

Pada saat itu, OS Symbian sudah memungkinkan pengguna untuk bermain game, mendengarkan musik MP3/AAC, menonton video dalam berbagai format (3GP, MP4, AVI), menulis program Python, menjelajahi Internet, menggunakan email, dan melakukan panggilan.

Pada 6.1 juga berfungsi baik ( Nokia N-Gage dan Nokia N-Gage QD ), si kembar Nokia 3650 Nokia 3660, dan satu-satunya smartphone dari Siemens dalam sejarah – Siemens SX1.



Symbian OS 7.0 – 7.0s



Rilis versi 7.0 pada tahun 2003. Ditambahkan dukungan IPv6 dan EDGE, ditambah standar Java ME tradisional yang mengubah standar pJava sebelumnya. Banyak orang mungkin mengetahuinya karena smartphone terlaris pertama, Nokia 6600. Pentingnya model ini sulit untuk dilebih-lebihkan, karena model ini menunjukkan kepada dunia bagaimana gadget pintar dapat membantu orang dalam situasi sehari-hari.

Symbian OS 7.0 berikutnya berbeda dari versi 7.0 karena meningkatkan kompatibilitas dengan aplikasi yang dikembangkan oleh insinyur perangkat lunak untuk Simba ke-6. Perwakilan terkenal:

  • Nokia 7610  – smartphone pertama dengan kamera megapiksel dan pemilik desain yang sangat berkesan
  • Nokia 6260  – clamshell, leluhur Nokia N90, Nokia N93, dan Nokia N93i
  • Nokia 9500  – komunikator tangguh dengan dukungan Wi-Fi
  • Nokia 3230  – “smartphone untuk pelajar” (itu namanya di salah satu majalah pertama yang didedikasikan untuk ponsel yang pernah saya baca)

Selama periode perkembangan perusahaan ini, beberapa hal penting terjadi. Pertama, Psion menjual sahamnya di perusahaan Symbian ke Nokia. Kedua, virus pertama untuk sistem operasi ini muncul. Tapi itu tidak berbahaya. Itu hanya bertindak sebagai pemberitahuan keberadaannya di sistem saat meluncurkan perangkat dan mencoba mengirimkan dirinya sendiri melalui Bluetooth. Makhluk elektronik ini disebut Cabir. Pengembangnya ingin menunjukkan bahwa sistem keamanan Simba tidak sempurna dan masih memiliki kelemahan

Nokia 7700 dan Nokia 7710 layak disebutkan secara terpisah. Saat itu, pada tahun 2004, Finlandia mulai mengambil langkah menuju dimulainya era smartphone dengan layar sentuh. Tetapi untuk beberapa alasan mereka kehilangan kepercayaan pada perangkat ini terlalu dini dan menutup proyek setahun kemudian.

Momen ini sangat penting karena siapa yang tahu apa yang akan terjadi dengan perusahaan hari ini jika Nokia terus mengerjakan gadget layar sentuh saat itu. Tapi di dunia nyata… mereka melanjutkannya hanya tiga tahun kemudian. Dan itu karena gagasan Apple (iPhone generasi pertama) telah jatuh dengan menyakitkan di kepala Newton Finlandia ini.

Samsung juga merilis beberapa perangkat (Samsung D720 dan Samsung D730) berdasarkan OS Symbian versi ke-7 di awal tahun 2005 ketika Nokia 6630 yang legendaris sudah bergemuruh di pasaran. Itu menjalankan Simba ke-8 dan memiliki dukungan 3G.

Anda dapat berargumen bahwa gadget ini tidak mungkin menjadi pesaing kreasi Finlandia, tetapi smartphone yang lebih murah. Namun, Samsung D720 diposisikan persis sebagai model teratas perusahaan. Itulah intinya.

Tentu saja, waktu pengembangan yang terlalu lama memainkan perannya. Orang Korea ingin memasuki ceruk Symbian sejak 2003. Tapi entah produknya tidak pernah terungkap, atau pabrikan menunda rilisnya secara signifikan.



Symbian OS 8.0 – 8.1b



Ini dia Simba ke-8 sayangku. Jika saya tidak memilikinya dalam hidup saya, akan ada orang yang sama sekali berbeda di depan Anda sekarang. Untungnya, itu tidak terjadi. Dan versi inilah yang memperkenalkan saya ke dunia OS Symbian yang indah. Ah… ini dia!

Dibandingkan dengan semua versi sebelumnya, 8.0a yang diperbarui telah mengalami perubahan paling signifikan. Rilisnya pada tahun 2004. Pengguna mendapatkan 3G, CDMA, TV digital DVB-H, transfer data dua arah, headphone stereo (sebelumnya, hanya ada di Nokia N-Gage), dan Bluetooth 1.2 (smartphone lama memiliki versi 1.1).

Nokia 6680, Nokia 6681, Nokia 6682, dan 6630 menjalankannya. Yang terakhir adalah smartphone pertama dengan dukungan jaringan 3G dan memiliki kontrol paling nyaman di antara perangkat tahun 2000-an (menurut saya). Apalagi desainnya sendiri sangat ergonomis.

Mari kembali ke OS Symbian. Sekarang saatnya berbicara tentang versi yang disebut 8.1a. Ini hanya 8.0a yang sedikit ditingkatkan dengan dukungan grafik vektor. Tetapi perangkat yang ada di dalamnya ternyata menarik:

  • Nokia N90  adalah perwakilan pertama dari N-series, yang memiliki desain paling keren (clamshell-transformer). Itu juga memiliki layar yang fantastis (352×416 piksel, bukan standar 176×208) dan kamera 2 megapiksel yang luar biasa. Ada fokus otomatis dengan flash, kemampuan merekam video tingkat lanjut, dan optik eksklusif Carl Zeiss. Band TNMK (mereka adalah rekan Ukraina saya) menggunakannya untuk merekam video musik profesional pertama di dunia menggunakan ponsel. Pekerjaan ini disebut "Saya lupa." 
  • Nokia N70  – monoblock dengan kinerja luar biasa dan ergonomis yang baik
  • Nokia N72  – perangkat terakhir yang menjalankan OS Symbian versi ke-8

Begitulah era klasik Simba berakhir. Bagaimanapun, yang berikutnya akan memulai baris baru dalam evolusi sistem operasi ini, di mana para pengembang akan dengan sengaja membuat aplikasi yang tidak kompatibel untuk generasi yang lebih tua dan lebih muda.

Faktor ini negatif untuk keduanya. Nokia tiba-tiba berhenti merilis program baru untuk para veteran (begitulah kami menyebut smartphone berdasarkan versi OS Symbian sebelumnya di paruh kedua nol). Finlandia secara implisit mendesak pengembang perangkat lunak lain untuk melakukannya. Untungnya, hampir tidak ada yang mengikuti provokasi ini.

Sebaliknya, pengguna versi ke-9 berada dalam situasi yang lebih tidak menyenangkan. Selain "kemenangan" dalam bentuk sertifikasi aplikasi wajib melalui sumber daya Internet Symbian, mereka kehilangan kesempatan untuk meluncurkan semua warisan besar perangkat lunak dan game yang telah terkumpul selama setengah dekade.

Saya melihat alasan utama keputusan ini adalah karena perusahaan memiliki pengalaman buruk dengan game N-Gage . Itu sebabnya pada saat itu, sepertinya solusi terbaik untuk melakukan semuanya dari awal.

Secara umum, ternyata para veteran terus menerima rangkaian aplikasi yang diperlukan, serta perangkat di Simba ke-9. Tetapi yang terakhir tidak memiliki akses ke "koleksi klasik" dari game dan program.

Tampaknya Finlandia membuat platform N-Gage 2.0 untuk versi baru karena kasihan. Dan, mungkin, untuk mengalihkan pandangan. Seperti kata Nokia: “Lihat, Anda punya N-Gage sendiri. Tidak perlu mengeluh!”.

Perlu juga dicatat bahwa sejak peluncuran versi Symbian OS 9, beberapa pangsa pasar perusahaan mulai turun sedikit demi sedikit. Dan "kedatangan" iOS dan Android menambah penurunan pengguna symbian.



OS Symbian 9.0 – 9.3



Simba versi baru juga mulai menggunakan inti baru. Saya harus mengatakan bahwa pada tahap pengembangan, itu muncul di versi 8.1b. Tapi itu, seperti Symbian OS 9.0, hanya tersedia untuk pengembangan internal perusahaan. Oleh karena itu, inti baru diumumkan kepada masyarakat umum bersamaan dengan OS 9.1. Itu terjadi pada akhir tahun 2005.

Antarmukanya hampir identik dengan 8.1a. Tetapi resolusi layar sebagian besar perangkat pindah ke standar baru 240x320 piksel. Yang terakhir, sekali lagi, juga didukung oleh versi 8.1a. Namun, pencipta memutuskan untuk membekali layar Nokia N90 dengan resolusi 352x416.

Perbedaan utama antara versi ini dan versi sebelumnya terletak pada ketidakcocokan mutlaknya pada tahap pemilihan perangkat lunak. Rasa sakit yang disebut "sertifikasi aplikasi" juga ditambahkan. Inovasi utamanya adalah… drum roll… Dukungan Bluetooth 2.0! OS "revolusioner", itu sudah pasti.

Dengan dirilisnya versi 9.2 pada tahun 2007, perusahaan melaporkan sepuluh aspek yang telah berubah. Namun, pengguna hanya menerima sedikit lebih banyak bidang di buku telepon sejak munculnya vCard 2.1. Symbian 9.3, pendatang baru di awal tahun 2008, memiliki manajemen memori canggih, HSDPA (3.5G) bawaan, dan dukungan Wi-Fi 802.11.

Terlepas dari OS yang ambigu, ada banyak perangkat yang layak di bawah kendalinya dari Nokia:

  • N91/N91 8GB  – perangkat premium yang dirancang untuk pecinta musik
  • E90  – perwakilan terakhir dari jajaran komunikator terkenal
  • N93/N93i  – kamera ponsel murni dalam form factor clamshell-transformer
  • N80/N81/N85/N86/N95/N95 8GB/N96  – slider legendaris dengan perangkat keras terkuat di masanya
  • N73/N77/N78/N79/N82  – monoblok untuk kaum muda
  • 3250/5700  – smartphone musik dalam bentuk “cube-roublemaker”.
  • E70/E75/5730  – perangkat dengan keyboard QWERTY terbuka penuh
  • E61/E61i/E63/E71  – keyboard QWERTY format penuh dalam bodi yang seragam
  • 6290/N71/N76  – Ponsel cerdas dengan beragam warna casing
  • E60/E51/E55  – “prajurit universal” dalam bentuk monoblok
  • 6110/E65/E66/6210  – penggeser untuk audiens bisnis
  • 6120/5320/5630  – smartphone untuk siswa
  • E50-1/E50-2/6220  – gadget yang ketat dan mirip bisnis, tidak ada yang tidak diperlukan dalam desainnya


OS Symbian 9.4



Pada akhir tahun 2008, Finlandia mengumumkan Nokia 5800 kepada publik. Ini adalah perwakilan pertama dari versi OS Symbian baru untuk perangkat layar sentuh. Resolusi beralih ke standar 360×640 piksel. Juga, Nokia N97 andalan baru menerima versi Simba ini.

Sekali lagi kita melihat situasi yang sama. Versi 9.1 dan 9.2 sama sekali tidak kompatibel dengan versi 9.4. Pada perangkat yang dilengkapi dengan 9.3, beberapa bagiannya seharusnya berfungsi, tetapi tidak selalu demikian. Dan di antara fitur-fitur baru, kecuali dukungan layar sentuh, tidak banyak yang perlu diperhatikan.

Selama periode tersebut, Nokia tetap menjadi satu-satunya perusahaan yang terus memproduksi gadget berbasis Simba. Semua produsen ponsel lainnya keluar dari permainan. Jangan tertipu dengan model dari Vertu karena Finlandia mengembangkannya. 

Versi 9.5 menerima dukungan dari TV baru dan standar SQL. Para insinyur juga mengoptimalkan kecepatan peluncuran aplikasi. Symbian OS 9.5 dapat dianggap sebagai versi terakhir dalam sejarah sistem operasi. Tidak ada info tentang versi lain di sumber resmi.

Berikut adalah perangkat utama yang keluar sejak rilis Symbian OS 9.5:

  • Nokia  500, 603, 700, 701, 702T, 801T
  • Nokia  C6-01, C7-00, E6, E7, N8, T7-00, X7
  • Nokia  Astound, Oro
  •  Konstelasi Vertu
  • Nokia  808 – smartphone terakhir berbasis OS legendaris, yang memiliki rekor kamera 41 megapiksel


Platform



Sejak pendirian perusahaan, berbagai platform telah muncul: Seri 60 (S60), UIQ , Seri 80 (S80), Seri 90 (S90), dan Platform Aplikasi Berorientasi Seluler (MOAP) . Yang pertama adalah yang berskala paling besar dan tahan lama, dan empat lainnya bersifat eksperimental atau terfokus secara sempit.

Poin pentingnya adalah semuanya tidak kompatibel satu sama lain . Jadi tidak mungkin menjalankan aplikasi yang sama pada perangkat dari platform yang berbeda.



Seri 60



Kecuali ketidakcocokan dengan platform lain, S60 memilikinya bahkan di antara edisi. Tapi tidak ada yang rumit di sana. Sekarang saya akan menjelaskan semuanya kepada Anda secara singkat.

Pertama-tama, alasan utama untuk ini adalah evolusi platform selama satu dekade. Waktu berlalu, perangkat keras berubah, jenis dan resolusi layar ditingkatkan, dan perangkat lama tidak mendukung inovasi.

Kedua, pembuat secara logis membagi seluruh daftar edisi di mana mungkin ada paket fitur sesuai dengan kompatibilitasnya satu sama lain.

 

1) Edisi pertama dan kedua :

Judul Versi: kapan OS Perwakilan
S60 0,9 OS Symbian v6.1 Nokia 7650
S60 Edisi Pertama 1.2 OS Symbian v6.1 Nokia  3600, 3620, 3650, 3660; Nokia N-Gage, N-Gage QD
Sendo  X, X2
Siemens  SX1
S60 Edisi ke-2 2.0 OS Symbian v7.0 Nokia  6600
Panasonic  X700, X800
Samsung  SGH-D720, SGH-D728, SGH-D730, SGH-Z600
S60 Edisi ke-2,

 

Paket Fitur 1

2.1 Symbian OS v7.0s Nokia  3230, 6260, 6620, 6670, 7610
S60 Edisi ke-2,

 

Paket Fitur 2

2.6 OS Symbian v8.0a Nokia  6630, 6680, 6681,
6682Lenovo  P930
S60 Edisi ke-2,

 

Paket Fitur 3

2.8 OS Symbian v8.1a Nokia  N70, N72, N90

2) Edisi ke-3 ::

Judul Versi: kapan OS Perwakilan
S60 Edisi ke-3  3.0 OS Symbian v9.1 Nokia  3250, 5500 Sport, E50, E60, E61, E61i, E62, E65, E70, N71, N73, N75, N77, N80, N91, N91 8GB, N92, N93, N93i
Samsung  SGH-i570
S60 Edisi ke-3,

 

Paket Fitur 1

3.1 OS Symbian v9.2 Nokia  5700, 6110, 6120, 6121, 6124, 6290, E51, E63, E66, E71, E90, N76, N81, N81 8GB, N82, N95, N95 8GB
Samsung  SGH-G810, SGH-i400, SGH-i408, SGH -i450, SGH-i458, SGH-i520, SGH-i550, SGH-i550w, SGH-i560, SGH-i568
LG  KS10, KT610, KT615
S60 Edisi ke-3, 

 

Paket Fitur 2 

3.2 OS Symbian v9.3 Nokia  5320, 5630, 5730, 6210, 6220, 6650, 6700, 6710, 6720, 6730, 6760, 6788, 6788i, 6790, 6790, C5-00, C5-00 5MP, C5-01, E5-00, E52, E55, E71x, E72, E73, E75, N78, N79, N85, N86 8MP, N96, X5-00
Samsung  GT-i8510, GT-I7110, SGH-L870

3) Edisi ke-4 tiba-tiba tidak ada . Ternyata angka ini dianggap sial di beberapa negara Asia. Untuk alasan yang sama, tidak ada seri 4xxx di jajaran Nokia. Nah, ini dia  – edisi ke-5 :

Judul Versi: kapan OS Perwakilan Pembaruan
S60 Edisi ke
-5 atau
Symbian^1
5.0 OS Symbian v9.4 Nokia  5800, 5530, 5228, 5230, 5230 Nuron, 5233, 5235, 5250, N97, N97 Mini, X6, C5-03, C5-04, C5-05, C5-06, C6-00
Samsung  i8910 Omnia HD
Sony Ericsson  Satio, Vivaz, Vivaz Pro
Tidak tersedia
Symbian^2
atau
MOAP
5.1 OS Symbian v9.5 Eksklusif untuk pasar Jepang  
Symbian^3 5.2 OS Symbian v9.5 Nokia  N8, E7, C7-00, C6-01 Hingga Belle
Symbian Anna 5.2 OS Symbian v9.5 Nokia  500, E6, X7, Astound, Oro, T7-00, 702T, 801T  Konstelasi
Vertu
Hingga Belle
Symbian Belle
atau
Nokia Belle
5.3 Tidak ada data resmi Nokia  603, 700, 701 Hingga  Belle,
Paket Fitur 2
Nokia Belle,
Paket Fitur 1
5.4 Tidak ada data resmi Nokia  808 Hingga  Belle,
Paket Fitur 2
Nokia Belle,
Paket Fitur 2
5.5 Tidak ada data resmi Tidak ada (perangkat yang menginstal platform ini secara default tidak pernah dirilis) Tidak tersedia

Terakhir, saya punya satu komentar tentang dua edisi terakhir yang disebutkan di atas. Itu terletak pada kenyataan bahwa beberapa aplikasi yang dikembangkan khusus untuk yang lebih baru mungkin tidak berjalan di edisi sebelumnya. Tetapi mereka lebih cenderung untuk diluncurkan nanti.

Misalnya, sebagian besar aplikasi yang ditulis untuk 9.x/S^1 bekerja dengan baik pada gadget yang menjalankan versi OS Symbian hingga Belle FP2. Namun, ini tidak selalu berjalan dengan benar. Kemungkinan ada fungsionalitas aplikasi yang tidak lengkap atau kekurangan kecil dalam hal UI. Karena khususnya dalam kasus 9.x, semuanya dirancang terutama untuk perangkat tanpa layar sentuh.

Tetapi ada cukup banyak aplikasi yang stabil, dan terutama di antara program-programnya. Kompatibilitas untuk game relatif buruk karena resolusi layar telah meningkat secara signifikan sejak 9.4 dan S^3. Itu mengarah pada representasi gambar yang salah yang disebutkan di atas atau tidak ditampilkan sama sekali.

Versi sistem operasi dari 6 hingga 8 sama sekali tidak kompatibel dengan yang "lebih muda". Juga, aturan pengoptimalan dengan kebaruan berlaku. Artinya, semakin baru platformnya, semakin banyak perangkat lunak yang didukungnya.

Jadi inilah contoh lainnya. Jika Anda memiliki Nokia 6630 (S60 2nd Edition, Feature Pack 2), Anda dapat meluncurkan hampir semua aplikasi yang dikembangkan murni untuk S60 2nd Edition,  Feature Pack 1 . Namun, dalam arah yang berlawanan, mungkin ada masalah.

 

 



UIQ



UIQ mewakili perangkat layar sentuh. Itu adalah OS Symbian yang diadaptasi untuk kontrol stylus. Untuk beberapa alasan, Nokia bersikap dingin terhadapnya dan hanya merilis satu smartphone di platform ini. Kebanyakan Motorola dan Sony Ericsson bekerja di sana. SE membelinya pada akhir tahun 2006, dan dua tahun kemudian, mereka mengumumkan penutupan platform tersebut.

UIQ dan mengadaptasi versi OS Symbian Tahun rilis Fitur baru Perwakilan
1.0 (Symbian 6.0) 2000 Dukungan layar dengan resolusi 240×320 piksel, fitur bawaan ponsel. Tidak ada
1.1 (Symbian 6.0) 2001 Dukungan WAP 1.2.1, GSM, HSCSD, GPRS, dan Bluetooth. Tidak ada
2.0 (Symbian 7.0) 2002 Menjadi mungkin untuk menggunakan ukuran layar yang fleksibel (kemampuan untuk mengurangi area tampilan) dan dukungan MMS SyncML. Sony Ericsson  P800
Motorola  A920, A925
Benq  P30
Arima  U300
2.1 (Symbian 7.0) 2003 Dukungan bahasa Java sesuai dengan MIDP 2.0. Sony Ericsson  P900, P910
Motorola  A1000, M1000
Benq  P31
Arima  U308
3.0 (Symbian 9.1) 2005 Antarmuka pengguna yang diperkaya dan kemampuan untuk mengonfigurasi layanan dari jarak jauh oleh operator. Sony Ericsson  M600, M600i, M608c, P1, P1i, P1c, P990, P990i, P990c, W950, W950i, W958c, W960, W960i, W960c, G700, G900
3.1 (Symbian 9.2) 2007 Dukungan format grafis baru, kemampuan untuk menyesuaikan tombol fungsi, dan tampilan daftar proses. Motorola  RIZR Z8, Nahpohos Z8
3.2 (Symbian 9.2) 2008 Layanan email push-push dan messenger bawaan. Motorola RIZR Z10
3.3 (Symbian 9.3) 2008 Peramban web Opera 9 bawaan dan dukungan Opera Widgets. Tidak pernah keluar, meskipun Sony Ericsson memiliki beberapa model yang diumumkan – G702 dan P5i



Seri 80



Untuk platform, Seri 80 ditujukan untuk pengguna bisnis dan terbatas pada komunikator. Ada perangkat seperti laptop dengan dua layar. Satu layar kecil di bagian luar casing dan satu layar besar di dalamnya. Selain itu, mereka memiliki keyboard QWERTY.

Total ada dua edisi: S80 1-st Edition dan S80 2-st Edition. Itu ditutup pada tahun 2005.

Judul OS Fitur baru Perwakilan
S80 Edisi Pertama OS Symbian v6.0 Dukungan layar 640×200, keyboard QWERTY lengkap, J2ME, SSL/TLS, browser yang berfungsi penuh berbasis Opera, mengirim dan menerima faks. Nokia  9210, 9210i, 9290
S80 Edisi ke-2 Symbian OS v7.0s Dukungan Wi-Fi dan Bluetooth. Nokia  9300, 9300i, 9500



Seri 90



Finlandia menginstal platform hanya pada dua perangkat, Nokia 7700 dan Nokia 7710. Gadget layar sentuh ini menjadi nenek moyang dari buku terlaris di akhir tahun 2000-an, Nokia 5800.

Itu bukan pengalaman biasa bagi Finlandia karena semua pengembangan dari S90 berhasil mereka pindahkan ke Seri 60 di masa depan. Tapi… dengan penundaan, seperti S80, Seri 90 ditutup pada tahun 2005.



Platform Aplikasi Berorientasi Seluler



Ini adalah platform tertutup, yang didistribusikan Nokia di Jepang. Tidak banyak informasi tentangnya. Dari poin-poin penting, saya dapat menyebutkan bahwa Finlandia membagi platform menjadi dua versi: MOAP(S) dan MOAP(L). Tidak sulit untuk memahami perbedaan mereka. Perhatikan huruf dalam tanda kurung. Ini akan menjelaskan sistem operasi mana yang didukung.

S untuk OS Symbian, L untuk OS Linux, dan V untuk Vendet dan bahwa pada tahun 2010 MOAP digantikan oleh Symbian². 



Penutupan Perusahaan



Akhir dari dongeng bernama Symbian datang pada 2011-2012. Kemudian akhirnya menjadi jelas bahwa OS tersebut akan "dibuang" demi mempromosikan Windows Mobile (yang segera mengalami nasib yang sama dan menghilang terlupakan). Nokia mengumumkan bahwa mereka akan mendukung sistem operasi hingga 2016 tetapi tidak berencana untuk merilis perangkat baru.

 



Alasan Kegagalan



Sekarang kami secara bertahap beralih ke bagian yang tidak terlalu menyenangkan dari sejarah OS Symbian. Jadi siapa atau apa yang mendorongnya ke dalam jurang? Bahkan analisis yang paling dangkal pun dapat menunjukkan tiga faktor:

  • proses rumit pemrograman aplikasi
  • tidak ada open source hingga 2010 , ketidakhadirannya dengan panik memperlambat pengembangan OS
  • pesaing  diwakili oleh Android dan iOS

Meskipun ini hanya puncak gunung es raksasa, saya akan membongkarnya sebagai permulaan. Mari kita mulai dengan topik penulisan kode. Untuk aplikasi pemrograman untuk OS Symbian, pengembang perlu mengetahui bahasa C++. Saya mengesampingkan Python karena pemrogram menggunakannya untuk menulis aplikasi yang relatif sederhana, meski seringkali sangat menarik.

Pesaing memiliki keuntungan karena lebih mudah dan lebih cepat menulis program untuk sistem operasi mereka. Semua berkat penggunaan bahasa Jawa.

Saya perhatikan untuk orang-orang yang tertarik dengan pemrograman bahwa masalahnya bukan di C++ seperti di API "mengerikan". Saya juga harus menyebutkan bahwa mendekati akhir Simba (tepatnya Symbian ^ 3), dimungkinkan untuk menggunakan kerangka kerja Qt yang praktis dengan Qt Quick. Namun, tentu saja, langkah ini dilakukan terlambat. Menurut pendapat saya, manajemen puncak melakukannya dengan sengaja. Saya akan menjelaskan teori saya nanti.

Misalkan kita memisahkan faktor kesulitan menulis program. Dalam hal ini, saya harus menyebutkan bahwa hingga akhir tahun 2000-an, iOS hanyalah pesaing di segmen harga pasar yang lebih tinggi, tetapi bukan pemimpin yang tidak memenuhi syarat. Belakangan, Simba mulai didorong kembali ke peran OS untuk smartphone beranggaran rendah, di mana ia akan menemukan pelanggannya.

Berkat pengoptimalan luar biasa dari perangkat yang cukup sederhana dalam hal "besi", ini menghasilkan gambar berkualitas tinggi bahkan dibandingkan dengan iOS. Meskipun di Symbian, pada tahun 2006 lalu, Nokia N93 memulai era smartphone dengan GPU. Namun, setelah merilis enam perangkat dengan dukungannya, Finlandia tidak mengembangkan potensi tersebut.

Android, di sisi lain, lebih terlihat seperti pemain yang menjanjikan. Aku tidak bercanda. Mari kita kembali ke saat sistem operasi terakhir dari Symbian, Belle, dirilis. "The Robot" memiliki versi 2.3 saat ini. Perbandingan cepat antarmuka mereka satu sama lain menunjukkan betapa lebih menariknya kreasi Simba. 

Kurangnya kode sumber terbuka dan bahasa pemrograman yang rumit merusak perusahaan. Karena manajemen puncak tidak menghilangkan kekurangan yang disebutkan di atas hingga tahun 2010, Android menyingkirkan Bella terkait jumlah aplikasi yang tersedia.

Sekarang, mari kita pikirkan nuansa ini sebentar. Apakah para pengembang begitu bodoh sehingga mereka tidak memahami yang sudah jelas? OS membutuhkan angin segar, yang bisa menjadi open source, dan penggunaan bahasa pemrograman yang lebih mudah.

Namun, ini terjadi hanya jika jaminan akhir yang fatal menjadi seratus persen. Mengapa? Di sini kita sampai pada alasan sebenarnya dari runtuhnya Symbian dan perusahaan asli Nokia.

Itu terletak pada manajemen puncak. Saya melihat situasinya sedemikian rupa sehingga para insinyur biasa mencoba sampai menit terakhir untuk menyelamatkan korporasi, tetapi para bos "memasang tongkat besar di roda mereka", seperti yang kami katakan di Ukraina.

Misalnya, Anda dapat berargumen bahwa ada Nokia N9. dengan MeeGo OS terpasang. Itu akhirnya bisa tumbuh menjadi karya seni yang nyata. Dan Anda akan benar! Itu adalah sistem operasi yang sangat baik.

Produk dari Finlandia akan menjadi pesaing kuat iPhone 4s. Namun kesuksesan OS dan smartphone yang menjalankannya terhenti enam bulan sebelum rilis Nokia N9.

Itu karena Steven Elop bergabung dengan perusahaan dari Microsoft. Dia menjadi direktur eksekutif Nokia dan segera mulai mendorong transisi ke Windows Mobile. Dia menelepon untuk meninggalkan Symbian OS dan MeeGo di masa lalu. Hal ini dilatarbelakangi oleh Elop karena tidak melihat (atau lebih tepatnya tidak ingin melihat) kedua sistem operasi ini sebagai pesaing Android dan iOS.

Suratnya kepada karyawan perusahaan dipublikasikan secara online. Dia membandingkan Nokia dengan seorang pria yang berdiri di tepi anjungan minyak yang terbakar (perwujudan dari Simba dan MeeGo). Dia berpikir bahwa solusi terbaik adalah melompat ke tempat lain.

Tapi saya tidak akan menyebut Elop satu-satunya yang bertanggung jawab atas kegagalan besar itu. Semuanya telah diputuskan oleh manajemen sebelumnya jauh sebelum dia bergabung dengan perusahaan. Faktanya adalah Symbian OS 8.0 sebenarnya adalah versi terakhir dari sistem operasi di mana para pengembang dengan tulus menginvestasikan semua kemampuannya.

Itu karena pada tahun 2005 terjadi perubahan fatal dalam perkembangan perusahaan. Seharusnya itu pasti menyebabkan keruntuhannya. Namun berkat stok kekuatan yang besar (yang telah terkumpul pada pertengahan tahun 2000-an) dan antusiasme staf biasa perusahaan, Symbian tetap bertahan selama setengah dekade lagi.

Sungguh menyakitkan saya untuk menceritakannya kepada Anda, meskipun itu hanya tentang "potongan besi" (seperti yang akan dirasakan beberapa orang). Namun, saya dulu dan masih menjadi penggemar setia Symbian OS. Berkat sistem operasi ini, saya mulai menulis artikel pertama saya, menggambar grafik digital, dan tertarik pada pemrograman.

Ternyata, para insinyur dari staf perusahaan meramalkan bahwa layar sentuh dan Internet seluler akan menjadi fundamental di masa depan. Namun, seolah-olah para bos sendiri mulai berusaha untuk memastikan bahwa anak tekno mereka tidak berkembang lebih jauh.

Mantan kepala desainer Nokia, Frank Nuovo, menyatakan fakta ini. Dalam wawancara ekstensif, ia menceritakan tentang konsep dan desain unik yang diciptakan. Tapi manajemen mengubur mereka hidup-hidup. Frank menjelaskannya dengan alasan para bos lebih tertarik pada perebutan pengaruh.

Situasinya aneh. Seolah-olah seseorang mengintimidasi manajemen puncak dan memerintahkan orang-orang ini untuk memperlambat kecepatan kereta api yang disebut Symbian OS. Setelah itu, mereka mencoba yang terbaik untuk membuat perangkat menjadi lebih sederhana.

Perusahaan menerapkan inovasi hanya karena tekanan dari karyawan yang melihat peluang manajemen tenggelam. Sebagai contoh, mari kita ingat N-Gage dan N-Gage 2.0. Tidakkah Anda bingung bahwa platform yang lebih tua lebih baik di hampir semua aspek daripada yang lebih muda? Nuansa yang menarik, bukan?

Kesimpulan :

Cerita Symbian dimulai dengan beberapa perangkat genggam pertama. Sistem operasi mulai dari eksistensi pada awal tahun 1988 sebagai SIBO, akronim untuk "Sixeen Bit Organizer". SIBO dikembangkan oleh PSION Computers dan dirancang untuk berjalan pada perangkat tapak kecil yang dikembangkan oleh Psion. Psion menghasilkan beberapa perangkat berdasarkan SIBO, yang sebagian besar adalah kesuksesan yang hebat. Kesuksesan mereka didasarkan terutama pada properti dan fitur SIBO. Ini memiliki pengelolaan daya yang sangat baik, termasuk aplikasi ringan dan efektif dan mudah digunakan secara langsung dengan perangkat lain seperti PC dan perangkat genggam lainnya. SIBO juga dapat diakses oleh pengembang, pemrogramannya didasarkan pada C dan itu memiliki desain yang obyektor. Pada pertengahan tahun 1990an, Psion mulai mengerjakan sistem operasi baru. Mereka merancang sistem operasi 32-bit, yang mencakup banyak kemajuan dibandingkan dengan SIBO. Itu untuk memiliki dukungan untuk layar sentuh dan multimedia, dan dirancang untuk menjadi lebih obyektor daripada Sibo dan lebih banyak komunikasi kaya, namun salah satu keputusan desain yang paling penting adalah membuatnya lebih mudah portabel ke berbagai arsitektur dan desain perangkat. Hasil usaha Psion adalah pengenalan rilis EPOC 1. Bahasa pemrograman yang digunakan untuk program EPOC adalah C ++. SIBO telah mempelopori konsep mesin aplikasi yang juga digunakan di EPOC. Mesin aplikasi ini kemudian menjadi bagian penting dari pengembangan sistem operasi Symbian. Konsep mesin aplikasi akan diwakili secara lebih menyeluruh nanti saat kita akan membahas model MVC dalam pengembangan aplikasi Symbian. Dalam EPOC, konsep mesin aplikasi diperluas ke serangkaian server yang dikoordinasikan akses ke layanan sistem dan perangkat periferal. EPOC dikembangkan lebih lanjut menjadi dua rilis lagi :

  • EPOC 3 (ER3)
  • EPOC 5

Semuanya masih ditujukan pada platform baru seperti komputer PSION Series 5 dan Seri 7 7. Karena EPOC sedang dikembangkan, Psion juga ingin menekankan cara-cara di mana sistem operasinya dapat disesuaikan dengan platform perangkat keras lainnya. EPOC dapat dijalankan pada berbagai jenis perangkat, dari ponsel ke peralatan internet. Prospek yang paling menjanjikan ditemukan di bisnis ponsel, di mana produsen terkemuka dunia sudah mencari sistem operasi untuk perangkat generasi berikutnya. Mereka membutuhkan sesuatu yang dapat disesuaikan untuk kebutuhan dan keperluan individu dari setiap produsen namun masih memiliki antarmuka standar untuk pengembangan aplikasi. Situasi ini akhirnya EPOC di kembangkan dan berubah nama menjadi Symbian. Ericsson, Motorola, Nokia dan Psion membentuk Symbian sebagai perusahaan independen swasta pada tahun 1998. Pernyataan misi aslinya adalah, "untuk menetapkan standar untuk sistem operasi nirkabel bergerak dan untuk memungkinkan pasar massal untuk perangkat informasi nirkabel". Tujuan dari perusahaan patungan tersebut adalah menghasilkan perangkat lunak OS untuk telepon seluler "cerdas" dan perangkat generasi ketiga yang akan berfungsi sebagai buku harian elektronik, mengelola e-mail, mengakses web dan dunia mobile commerce dan mobile hiburan. Pada tahun 1999 Matsushita (Panasonic) bergabung dengan Symbian sebagai pemegang saham dan pemegang lisensi, dan pada tahun yang sama Symbian juga dinominasikan "perusahaan keseluruhan" terbaik dan "potensial jangka panjang" oleh Majalah Merah Merah. Dunia pertama Ponsel Symbian OS, Ericsson R380, terus dijual ke publik pada tahun 2000, tahun yang sama dengan Sony dan Sanyo berlisensi Symbian OS. Pada tahun-tahun berikutnya, Symbian mendapatkan pemegang saham baru dan pemegang lisensi dan jumlah perangkat yang menjalankan Symbian OS mulai naik. Pada tahun 2001, Fujitsu berlisensi Symbian OS, telepon 2.5g pertama yang menjalankan Symbian OS, Nokia 7650, diumumkan dan Nokia 9210 Communicator terus dijual ke publik. Sendo Licensed Symbian OS dan Siemens menjadi pemegang saham pada tahun 2002. Sony Ericsson juga bergabung sebagai pemegang saham dan pemegang lisensi pada tahun 2002. Symbian OS V7.0 dan banyak model telepon baru diresmikan pada tahun 2003, tahun yang sama dengan Samsung menjadi pemegang saham Symbian. 2003 juga tahun ini saat Motorola meninggalkan Symbian dan menjual sahamnya ke Nokia dan Psion. Pada tahun 2004 Symbian mengumumkan Symbian OS V8.0 dan Lenovo, perusahaan TI terbesar di China berizikan Symbian OS bersamaan dengan Arima dan LG Electronics. Psion meninggalkan kamp Symbian dan menjual sahamnya ke Nokia juga pada tahun 2004. Saat ini Ericsson, Nokia, Panasonic, Samsung dan Sony Ericsson sendiri Symbian. Perusahaan ini memiliki kantor pusat di Inggris dan memiliki kantor di Jepang, Swedia dan Amerika Serikat. Direksi non-eksekutif, mewakili setiap perusahaan saham, duduk di dewan pengawas Symbian. Peran mereka adalah mengatur persyaratan dan ketentuan perizinan standar untuk Symbian OS. Manajer senior Symbian mengenai peraturan operasional dengan isu lisensi dan teknologi, sehingga memastikan perbedaan yang jelas antara kepemilikan dan manajemen Symbian. Saat ini Symbian adalah sistem operasi smartphone terkemuka di dunia dengan dukungan luas dari produsen telepon utama industri, menghasilkan rangkaian terbesar smartphone yang berbeda yang tersedia bagi masyarakat. Total perangkat mobile total di seluruh dunia telah mengalami pertumbuhan yang luar biasa selama beberapa tahun terakhir dan Symbian adalah pemimpin yang jelas dalam penjualan, seperti yang bisa dilihat dari angka gambar 1.1 dan 1.2.

 

Gambar 1.1 : Total pasar perangkat lunak mobile di seluruh dunia oleh produsen Q2 2004, Q2 2003 [3].

Gambar 1.2 : Total saham perangkat seluler di seluruh dunia oleh OS Q2 2004, Q2 2003 [3].

 

Angka-angka ini menunjukkan bahwa ada sejumlah besar pengguna Symbian dan sejumlah besar perangkat Symbian di pasaran. Semua pengguna ini adalah pembeli aplikasi potensial dan oleh karena itu ada juga banyak pengembang aplikasi; Baik komersial maupun nonkomersial. Namun, ada juga banyak pengembang yang akan menulis aplikasi berbahaya. Seperti disebutkan sebelumnya, menulis sebuah aplikasi untuk Symbian OS yang melakukan sesuatu yang tidak diketahui pengguna akan mudah dilakukan. Aplikasi bisa contohnya mengirim SMS Pesan tanpa sepengetahuan pengguna dan dengan demikian meningkatkan tagihan telepon pengguna atau bisa membahayakan perangkat itu sendiri misalnya dengan menghapus file sistem yang penting. Jumlah perangkat yang ada di pasar dan jumlah pengguna yang mendownload dan menginstal aplikasi yang berbeda meningkat. Oleh karena itu, sangat penting untuk masa depan Symbian OS untuk meningkatkan keamanan aplikasi Symbian sehingga pengguna yakin bahwa menggunakan smartphone berbasis Symbian yang aman.